assalamu'alaikum wr. wb.

assalamu'alaikum wr. wb.
assalamu'alaikum wr. wb.

Masukkan Kode Widget Followers Disini
gambar
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

popular choice (WEEKLY)

Cari Blog Ini

RSS

Pages

Kalvari (Seni Pahat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Calvaire di Notre Dame de Tronoën
Sebuah Kalvari (Calvaire dalam Bahasa Perancis) adalah sebuah bentuk monumen Crucifix (salib dengan lambang tubuh Yesus) publik yang umumnya ditemukan di daerah Brittany di Perancis.
Kalvari berbeda dengan sebuah salib sederhana karena menyertakan figur-figur tiga dimensi yang mengelilingi crucifix itu sendiri, biasanya menggambarkan Bunda Maria dan para murid Yesus, walau kadang-kadang santo-santa yang hidup pada masa berikutnya dan tokoh-tokoh simbolis juga digambarkan disana.
Kalvari tertua yang masih ada hingga hari ini adalah yang berada di Kapel Notre-Dame-de-Tronoën di kota Saint-Jean-Trolimon, selatan Finistere, dekat Pointe de la Torche. Kalvari ini dibangun di atas sebuah dasar yang besar yang terdapat ukiran yang menggambarkan Perjamuan Terakhir dan peristiwa-peristiwa dalam Penderitaan Yesus menuju kayu salib. Kalvari-kalvari ini memainkan peran yang penting di dalam ziarah religius orang-orang Brittany, yang dikenal dengan nama upacara pengampunan (Bahasa Perancis: Pardons), yang membentuk hal utama dari festival-festival publik disana. Di beberapa kesempatan, kalvari berfungsi sebagai bagian dari mimbar gereja atau singgasana luar ruangan.
Kalvari-kalvari ini ditemukan dalam jumlah yang besar di seluruh Brittany dan hadir dalam berbagai bentuk.[1]

Galeri

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar